Selamat datang di blog kami

Selamat datang di blog kami, Smoga apa yang anda cari disini dapat ditemukan. Coba buka link kami dibawah ini.Smoga dapat membantu.

Jumat, 25 Februari 2011

NVRAM

NVRAM kependekan dari Non-Volatile Random Access Memory. NVRAM adalah jenis RAM yang umumnya dipakai untuk menyimpan data/informasi biasanya berupa konfigurasi yang dihasilkan oleh firmware, seperti BIOS atau firmware-firmware lainnya yang terdapat (tersimpan permanen) pada suatu perangkat tertentu. Contoh NVRAM adalah chip RTC (Real-time clock). Chip RTC merupakan sebuah chip terpisah yang secara fisik berfungsi untuk menyimpan data konfigurasi yang dihasilkan oleh BIOS.


Firmware adalah software yang dituliskan ke dalam ROM yang sifatnya permanen. Software tersebut biasanya berhubungan dengan perangkat keras. Software tersebut tidak dapat diubah tanpa pengubahan secara fisik. BIOS (Basic Input Output System) adalah salah satu contoh firmware. BIOS umumnya tersimpan permanen di dalam ROM BIOS. Firmware disebut juga dengan nama microcode.
BIOS merupakan bagian dari sistem operasi yang bisa menidentifikasi set program yang digunakan untuk mem-boot komputer. BIOS juga mengatur aliran data antara sistem operasi komputer dan perangkat tambahan yang terpasang atau terhubung pada komputer. Lebih jelasnya, pada komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86, BIOS merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang melakukan tugas-tugas berikut:
o Pengaktifan awal dan pengujian terhadap hardware (POST = Power On Self Test)
o Mengatur konfigurasi dasar komputer
o Menjalankan sistem operasi
o Membantu sistem operasi (OS) dan aplikasi dalam proses pengaturan hardware melalui penggunaan BIOS Runtime Service
BIOS umumnya dibuat dari bahasa assembly yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.
NVRAM biasanya dibuat menggunakan teknologi manufaktur CMOS (Complimentary Metal-Oxide Semiconductor). Oleh karena itu, NVRAM disebut juga dengan nama CMOS RAM. Dengan menggunakan teknologi CMOS akan dihasilkan NVRAM yang konsumsi energinya (kebutuhan dayanya) rendah. Seringkali dijumpai NVRAM menggunakan sebuah batere Lithium dengan nomor seri CR-2032 sebagai sumber energi untuk mempertahankan agar data yang tersimpan di dalamnya tidak hilang. Batere Lithium yang bagus kualitasnya dapat menyokong daya pada NVRAM selama tiga sampai lima tahun. Sumber energi ini tidak bergantung pada catu daya (power supply). Apabila catu daya dimatikan, data yang tersimpan di dalam NVRAM tidak akan hilang. Data yang tersimpan di dalam NVRAM akan hilang bila energi batere Lithium telah habis, atau batere dicabut dari slotnya sehingga sokongan daya terputus. Hal ini berbeda dengan volatil RAM seperti SRAM maupun DRAM yang kemampuan simpan datanya sangat bergantung kepada catu daya. Jika catu daya dimatikan, maka data yang tersimpan di dalam SRAM atau DRAM akan hilang.
Dengan demikian, walaupun NVRAM menggunakan nama atau istilah non-volatile, sebenarnya merupakan chip yang volatil, karena jika tidak mendapatkan daya listrik (dari batere), data yang tersimpan di dalamnya dapat hilang, dan semua konfigurasinya dikembalikan ke kondisi standar seperti yang telah ditetapkan oleh pabrik pembuatnya

Berikut ini disajikan salah satu model tampilan di layar monitor yang mungkin dikeluarkan oleh BIOS pada saat NVRAM mengalami kerusakan atau jika batere lithium habis dayanya, atau jika batere dicabut dari slotnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar